blog kami

Motifasi usaha untuk anda !

Usaha kecil kecilan memiliki banyak keuntungan bila dibandingkan dengan usaha atau bisnis yang besar terutama bagi para pemula atau bagi mereka yang ingin memulai usaha dan masih tetap mengerjakan pekerjaan utamanya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari membuka usaha kecil-kecilan.

Menambah Penghasilan

motif dari membuka usaha adalah mendapatkan penghasilan. Usaha kecil-kecilan dimaksudkan agar dapat memperoleh tambahan penghasilan. Keuntungan dari usaha ini diharapkan mampu membiayai kebutuhan sehari-hari. Bagi yang masih lajang, pelajar atau mahasiswa misalnya harapannya dapat menambah uang saku atau tabungan untuk masa depan.

Modal kecil

Namanya juga usaha kecil-kecilan, ini adalah usaha yang membutuhkan modal kecil namun bisa jadi memiliki potensi untung yang luar biasa. Banyak sekali usaha kecil yang membutuhkan modal minim tetapi menjanjikan untung yang besar.

Lebih Cepat Mulai

Usaha kecil kecilan tidak membutuhkan waktu lama untuk memulainya karena kebutuhan modal yang kecil dan usaha yang ringan. Pemilik tunggal dapat segera mengambil keputusan dan merespon kebutuhan pasar.

Tahan Banting

Usaha kecil kecilan memiliki kelebihan dari segi tahan banting bila dibandingkan dengan bisnis besar atau korporasi. Saat usaha-usaha besar mengalami kebangkrutan justru usaha kecil dapat bertahan dan terus berkembang pesat. Hal ini terjadi karena sistem yang djalankan pada usaha kecil sangat fleksibel, efektif, dan efisien baik dari segi modal, keuntungan, cara kerja, manajemen, dan lain sebagainya.

Mudah untuk alih kelola atau berganti segmen

Usaha kecil-kecilan jika siklus dari produk tersebut masa hidupnya pendek maka usaha ini sangat mudah untuk adaptasi dengan berganti segmen atau bahkan produk. Hal ini dikarenakan investasinya tidak besar.

Resiko kecil

Usaha kecil kecilan karena dibangun dengan modal yang minim, tenaga kerja yang sedikit, dan investasi yang sedikit pula, maka resiko dari kegagalan usaha ini menjadi sangat kecil.

bu rumah tangga, mereka adalah orang-orang yang memilih untuk tidak bekerja dalam karir. Mereka lebih memprioritaskan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang ada di rumah dan berperan untuk mengurus keluarga. Latar belakang ibu-ibu rumah tangga bermacam-macam baik dari segi keahlian dan tingkat pendidikan maupun sosial budaya. Disela-sela mengurus kebutuhan keluarga biasanya ibu rumah tangga masih memiliki cukup waktu luang untuk melakukan aktifitas yang lain, hanya saja beberapa dari mereka belum tahu apa yang harus dikerjakan. Salah satu alternatifnya adalah dengan menjalankan bisnis kecil kecilan. Selain dapat menambah pendapatan, usaha kecil kecilan dapat menjadi aktifitas yang menarik dan memperluas wawasan. Tidak semua usaha memang cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga yang kegiatan utamanya mengurus keluarga tapi ada beberapa bisnis yang cocok dan dapat dikerjakan tanpa harus menganggu tugas utama tersebut.

Warung sembako

Usaha ini merupakan usaha untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia. Usaha ini akan sangat efektif lagi bila dijalankan oleh mereka yang tinggal di lingkungan yang cukup ramai (Banyak memiliki tetangga) karena konsumen utamanya adalah tetangga. Jika masih ada ruang kosong tidak terpakai di rumah anda khususnya dibagian depan seperti teras, anda bisa gunakan tempat tersebut untuk membuka toko sembako rumahan. Anda bisa menjual berbagai keperluan sehari hari seperti sabun, mie instan, gula, beras, obat obatan dan sebagainya. Modal yang dibutuhkan untuk membuka toko sembako rumahan juga tidak terlalu besar dan bisa anda kerjakan tanpa perlu keluar dari rumah.

Menjual makanan atau minuman

Ada beberapa jenis usaha bidang makanan dan minuman yang dapat dikerjakan oleh ibu rumah tangga. Sebagai contoh menjual makanan untuk sarapan. Usaha ini cukup potensial karena pagi hari merupakan jam-jam sibuk para keluarga menyiapkan kebutuhan anak sekolah dan suami kerja. Banyak orang tidak sempat untuk membuat sarapan untuk keluarganya. Memang usaha ini sedikit membutuhkan waktu ekstra karena selain harus mempersiapkan kebutuhan keluarga anda, anda juga harus menyiapkan dagangan untuk orang lain, tetapi karena produk dan kebutuhan anda sama maka tidak akan terlalu sulit. Anda dapt menyiapkan kebutuhan keluarga sekaligus menyiapkan kebutuhan keluarga lain.

Usaha makanan dan minuman lainya, misalnya membuka warung kopi, menjual jajanan pasar, membuat snack untuk anak-anak, membuat kue lucu untuk anak-anak, atau menjual minuman jus buah. Anda dapat memilih salah satu jenis usaha di bidang makanan dan minuman ini sesuai dengan kemampuan anda.

Jasa Laundry

Salah satu bagian dari pekerjaan ibu rumah tangga adalah mengurus cucian dan setrika. Ini bisa menjadi peluang usaha dengan menyediakan jasa laundry. Selain mengerjakan perkejaan sendiri juga dapat sekaligus menjadi peluang usaha yang cocok bagi ibu rumah tangga. Untuk memulai usaha ini, tidak harus dengan menyediakan peralatan yang mahal dan lengkap, cukup memulai saja dari apa yang sudah dimiliki. Mesin cuci yang ada dirumah anda sudah dapat dijadikan sebagai modal awal untuk menjalankan usaha ini. Anda hanya tinggal menambah peralatan lain seperti timbangan, plastik laundy, dan berbagai variasi pewangi. Agar lebih menarik lagi anda juga memberikan fasilitas antar jemput laundry sehingga para pelanggan anda tidak perlu repot untuk mengantar dan mengambil cucian.

Produk Kecantikan

Walaupun profesinya sebagai ibu rumah tangga, sebagai seorang wanita pasti ingin tampil cantik bukan? Wanita pasti suka dengan melihat dan mencoba berbagai produk kecantikan. Ini bisa menjadi salah satu peluang usaha bagi ibu rumah tangga. Ada banyak produk kecantikan yang membuka keagenan baik MLM maupun bukan. Anda dapat mempelajari dan bergabung dengan keagenan tersebut, selain untuk kebutuhan anda sendiri juga sekaligus untuk usaha. Anda bisa tampil semakin cantik dan mendapatkan banyak keuntungan dari usaha ini.

Menjahit

Bagi anda yang memiliki keahlian menjahit maka ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang bagus untuk ibu rumah tangga. Menjahit bukan lagi menjadi sesuatu yang sulit untuk dipelajari apalagi saat ini banyak sekali produk mesin jahit yang mudah dioperasionalkan. Dengan kemampuan menjahit, maka anda bisa membuka usaha dengan menerima pesanan jahitan, tetapi jika anda masih ragu dengan pesanan jahitan karena takut hasilnya tidak memuaskan, maka anda bisa mencoba dengan membuat produk langsung. Anda dapat membuat produk yang mudah dibuat misalnya seperti pakaian anak-anak, kaos kaki anak, atau produk lain yang menurut anda mudah untuk dibuat. Setelah jadi, anda bisa menjualnya ke teman-teman anda atau tetangga anda. Pada saat itu anda akan tahu apakah produk yang anda buat tersebut akan bernilai baik atau perlu diperbaiki. Anda dapat terus belajar sambil membuat produk-produk baru yang lain yang dapat memberikan keuntungan untuk anda.

Penitipan Anak

Saat ini banyak sekali pasangan suami istri yang keduanya bekerja di kantor. Mereka terikat dengan jam kerja kantor sehingga tidak memiliki waktu untuk mengurus anak-anak, apalagi anak-anak yang masih usia dibawah 4 tahun. Memang sebagian dari mereka dapat memilih untuk memperkerjakan asisten rumah tangga tetapi tidak sedikit pula yang memilih untuk menitipkan anaknya. Hal ini dapat  menjadi peluang usaha yang potensial bagi ibu rumah tangga. Anda dapat menyediakan jasa penitipan anak di rumah anda. Agar menjadi menarik anda dapat mengkombinasikan dengan teknik pendidikan anak usia dini sehingga anda tahu persis apa yang harus dilakukan selama anda menerima penitipan anak. Orang tua juga menjadi yakin bahwa penitipan anak di tempat anda tidak sekedar dititipkan dan  diasuh dengan apa adanya tetapi juga diasuh dengan konsep yang baik. Yang diperlukan oleh orang tua adalah pengasuhan yang baik, aman, dan terdidik.

Jualan online

Peluang usaha ini selalu saja cocok untuk siapa saja baik ibu rumah tangga atau pekerja kantor. Jualan online ini hanya sebatas sistem jualan yang berubah dari konvensional manjadi sistem online. Produk yang dijual pada dasarnya sama saja dengan jualan konvensional, hanya saja karena jualan online ini menggunakan dukungan teknologi maka menjadikannya lebih mudah dilakukan daripada sistem jualan konvensional. Anda dapat memilih produk-produk yang trend atau yang anda pahami dan kuasai baik dari segi pengadaan ataupun potensi pasarnya. Anda dapat menjualnya melalui sosial media seperti facebook, instagram, atau yang lain. Bahkan anda bergabung dengan marketplace yang ada seperti bukalapak, tokopedia, lazada, dan lain sebagainya. Jika anda bingung bagaimana memulainya maka anda dapat belajar terlebih dahulu bagaimana bisnis jualan online ini. Ada banyak sumber belajar diinternet yang dapat anda pelajari.

Saat ini perkembangan begitu cepat terjadi karena adanya dukungan dari IT yang serba digital. Perubahan ini membuat kita harus menyesuaikan diri untuk menghadapinya dan bertahan hidup. Salah satu cara untuk bertahan hidup adalah dengan membuka usaha.

Robert T Kiyosaki menjelaskan bahwa jika anda ingin menjadi orang kaya maka perbanyaklah aset yaitu berupa beberapa jenis usaha. Memiliki salah satu usaha atau bisnis merupakan salah satu jalur menuju kekayaan yang melimpah disamping sebagai investasi. Memiliki usaha sebaiknya lebih dari satu. Jika salah satu mengalami kegagalan atau bangkrut kita masih punya usaha lain yang bisa digerakkan. Wow.. ini pasti tidak mudah, apalagi satu usaha saja belum dijalankan. Semua itu pasti akan sulit awalnya tapi jika sudah berjalan maka tidak ada yang tidak mungkin.

Memulai usaha kecil-kecilan ini sangatlah mudah. Ada banyak jenis bisnis modal kecil yang bisa kita lakukan. Sebenarnya tidak sulit untuk memulainya tetapi memang harus ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan dikaji lebih dulu.

Pertama diawali dengan niat yang kuat. Maksudnya adalah membuka usaha ini harus diawali dengan niat yang benar-benar bulat. Ketika anda akan memiliki tekad yang kuat sehingga menjadi motivasi tersendiri agar tidak mudah menyerah dan terus bersemangat dalam mengembangkan usahanya.

Kedua adalah memutuskan usaha apa yang akan di geluti. Ada banyak sekali usaha yang bisa di geluti sebagai usaha kecil-kecilan. Memutuskan usaha apa yang akan di geluti ini perlu beberapa pertimbangan agar mudah dalam menjalaninya. Anda dapat memilih usaha mulai dari apa yang anda bisa kerjakan dan dibutuhkan oleh banyak orang, misalnya seperti memiliki kemampuan menjahit maka anda bisa mulai dengan membuat model baju. Atau jika anda suka memasak maka anda bisa memulai usaha dengan menjual makanan. Jika anda memiliki keahlian tetapi tidak banyak dibutuhkan orang maka hal ini tidak usah menjadi pilihan. Anda dapat mencari dari bidang yang lain.
Ide usaha yang lain dapat dicari melalui apa yang dibutuhkan oleh banyak orang dan anda belajar untuk menenuhi kebutuhan tersebut. Misalnya, anda tinggal di daerah pinggiran, banyak orang kesulitan untuk membeli pulsa, paket data, atau membayar listrik, maka anda dapat menjadikan ini sebagai peluang untuk membuka usaha jualan pulsa.
Ide usaha juga bisa didapat dari hobi. Biasanya hobi akan berhubungan dengan komunitas. Di komunitas hobi tersebut biasanya banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Ini bisa jadi peluang untuk menjadi jenis usaha yang layak untuk dibuka.

Ketiga mengamati dan belajar. Jika anda telah menentukan suatu jenis usaha, anda perlu mengamati usaha tersebut. Barangkali sudah ada atau banyak yang melakukan. Anda harus mengamati dan mempelajari bagaimana orang-orang tersebut melakukan usaha yang ingin anda jalankan. Setalah anda berhasil mengamati dan mempelajari, maka selanjutnya anda membuat konsep usaha anda dan membuat perencanaan. Sebisa mungkin anda menambahkan sesuatu sehingga menjadi lebih menarik dari yang sudah dijalankan oleh orang lain.

Keempat adalah menyiapkan modal. Kebutuhan modal sangatlah relatif tergantung dari jenis usaha yang ingin anda jalankan. Ada usaha yang mebutuhkan banyak modal ada juga usaha yang tidak butuh modal. Modal sebaiknya bukan dari pinjaman,  apalagi pinjaman bank yang memiliki bunga dan jatuh tempo. Jika anda memiliki uang simpanan maka anda bisa menggunakannya sebagian, tidak perlu semuanya, namun jika anda tidak memiliki modal maka pertimbangkan untuk bekerjasama dengan orang lain atau mengubah usaha anda ke jenis usaha yang tidak membutuhkan modal uang.

Kelima adalah action. Jika anda telah mempelajari konsep usaha ini, dan anda telah menyiapkan modal maka langkah yang paling penting adalah mewujudkanya. Segera lakukan agar usaha anda segera berjalan. Anda tidak perlu menunda jika semua persiapan telah anda lakukan. Segera umumkan kepada oranglain bahwa anda telah membuka usaha tersebut dan buatlah orang lain menjadi pelanggan anda.

Keenam adalah promosiJika usaha anda sudah benar-benar siap berjalan maka rencanakan sebuah promosi yang efekstif dan efisien. Biasanya usaha pemula ini seringkali masih merasa malu-malu untuk memperkenalkan usahanya kepada orang lain. Bagaimana orang lain akan tahu dan menjadi pelanggan anda jika anda saja masih malu-malu. Optimis dan percaya diri adalah kuncinya. Anda perlu merencanakan sebuah model promosi yang baik agar orang lain berkesan dan mau menjadi pelanggan anda. Jangkauan promosi yang luas akan menjadikan potensi usaha anda semakin besar.